Sabtu, 30 Agustus 2008

Hati-Hati Penulisan HUT RI

. Sabtu, 30 Agustus 2008

Catatan Kaki : Masih banyak yang salah kaprah dalam menuliskan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Hal kecil yang sangat mengganggu.

Postingan bertema HUT Proklamasi RI sudah marak menghiasi halaman blog. Hal yang jamak terjadi menjelang Agustusan seperti sekarang. Media cetak juga demikian. Berita mengenai HUT Proklamasi menghiasi hampir seluruh halaman media cetak nasional kita.

Ada satu masalah kecil yang luput dari perhatian banyak orang termasuk para blogger yaitu penulisan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Republik kita sendiri. Banyak yang menulis begini : HUT RI ke 63 atau HUT Proklamasi RI ke 63. Ayo kita simak di mana kejanggalan kalimat ini.

Penulisan kata 63 di akhir kalimat atau di belakang kata RI menimbulkan persepsi bahwa kita telah 63 kali merdeka. Indonesia telah 63 kali lahir. Padahal faktanya tidak demikian. Kita merdeka hanya satu kali. Memperingati kemerdekaan itulah yang kita lakukan berulangkali.

Inilah penulisan kalimat spanduk yang umum kita lihat

*HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-63 (salah)

*HUT ke-63 Proklamasi Kemerdekaan RI (benar)


Tulisan kedua

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah itu kan cuman pemakaian istilah aja to kang masak di buat serius sih.. jadi gak siiipp no... kang prasetya

Taat Prasetya mengatakan...

Wah kalau komentar kang cupu sih boleh aza gitu.. tapi ini juga cuman kritikan terhadap pemakaian bahasa kok... biar sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa yang baik dan benar gitu deh.. ehh.. gitu loh...

 

Tutorial Blogger

Blogroll

Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com